Langsung ke konten utama

Tindakan Allah Terhadap Dosa (Materi PAK)

Bahan Alkitab:
Kej. 3:8-9, 23-24, Luk. 15:1-10

Allah yang menciptakan dan memelihara manusia dengan penuh kasih adalah juga Allah yang adil dan bijaksana (Nahum 1:3). Setiap orang yang bersalah pasti dihukum, tetapi dalam penghukuman tersebut sungguh nyata kasih dan pengampunan-Nya. Tindakan Allah terhadap manusia berdosa adalah:
  • Allah mencari dan memanggil manusia
Ungkapan “dimanakah engkau” tidak menunjuk kepada pengertian bahwa Allah tidak mengetahui dimana manusia saat itu berada dan apa yang telah mereka lakukan, tetapi justru hendak menjelaskan bahwa Allah sangat peduli dengan apa yang manusia lakukan dan alami. Tindakan Allah untuk mencari manusia ini adalah bukti kasih Allah yang berinisiatif untuk menyelamatkan manusia.

  • Allah meminta pertanggungjawaban kepada manusia atas perbuatannya
Manusia tidak mampu mengatasi sendiri akibat yang ditimbulkan oleh dosa mereka. Dosa telah memisahkan manusia dari Allah, tetapi Allah tidak pernah meninggalkan manusia. Allah tidak membiarkan dosa menggantikan kedudukan-Nya dalam hidup ciptaan-Nya. Ia member pengampunan kepada manusia, memelihara hidup dan merencanakan karya penyelamatan bagi manusia dan seisi alam yang telah ternoda oleh dosa manusia (Kej. 3:15). Rencana indah ini diwujudkan melalui kelahiran, kematian dan kebangkitan Yesus. Inilah konsistensi kasih Allah, bahwa Ia tidak hanya menciptakan, melainkan juga Ia memilahara dan bahkan mencari hyang hilang. Allah berinisiatif untuk memulihkan citra manusia yang terlanjur rusak karena dosa.
  •  Allah mengadili manusia
Perempuan akan mengalami kesakitan ketika melahirkan anak. Perempuan akan berahi kepada suaminya dan suaminya-pun akan berkuasa atasnya. Laki-laki akan mencari rezeki dengan susah payah dan mengalami banyak kegagalan dam hidupnya. Manusia harus keluar dari Taman Eden karena Allah mengusir mereka akibat dosanya. Dengan demikian, hubungan manusia dengan  Allah terputus (mati). Murka Allah adalah kemarahan yang kudus, yang benar dan pada tempatnya, dimana di dalamnya tidak ada dengki dan dendam (Mark. 3:5; 10:13-14). Kemurkaan Allah menuntun manusia kepada pertobatan yang sungguh-sungguh dan kesediaan untuk tidak melakukan dosa lagi.
Meskipun demikian, Allah juga menyatakan diri-Nya sebagai Allah yang Mahakasih. Allah memberikan kabar gembira kepada manusia, seperti yang tertulis dalam Kej. 3:15.

Evaluasi: 
  1. Tuliskan dengan singkat bagaimana tindakan Allah waktu manusia pertama jatuh ke dalam dosa! 
  2. Jelaskan mengapa semua manusia berdosa! 
  3. Ketika kamu melakukan kesalahan, apakah kamu yakin bahwa Allah mengampuni kamu? Dari mana keyakinan itu muncul?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAK Dalam Perjanjian Lama

Menjadi sebuah hal yang menarik adalah ketika muncul sebuah pertanyaan, seberapa pentingkah Perjanjian Lama dalam ruang lingkup Pendidikan Agama Kristen (PAK)? Mungkin pertanyaan ini kita anggap sambil lalu, atau tidak terlalu penting, atau memang kita belum mengetahuinya. Mungkin ada yang mengatakan bahwa Perjanjian Lama (PL) tidak terlalu penting karena PL sudah berlalu dan sudah digenapi oleh Perjanjian Baru (PB), atau PB telah menjelaskan tentang pendidikan kekristenan. Apabila kita mempelajari dengan baik, Yesus Kristus menggunakan PL dalam mengajar di pelayanan-Nya (Mat.5:21-22; 22:39)? Para murid Yesus juga menggunakan PL dalam pelayanan (pemberitaan Injil)? Ternyata PL menjadi hal penting dalam membangun konsep dan pelaksanaan PAK. Pada topik ini, saya tidak menggunakan kata “PAK dalam Perjanjian Lama”, tetapi saya lebih menggunakan kata “PL dalam PAK”. Ya, karena bukan PAK yang ada dalam Perjanjian Lama, tetapi Perjanjian Lama-lah yang ada dalam PAK. Dengan kata lain, hal yan

SEJARAH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

BAB I .  DASAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MASA KUNO Gereja purba bukanlah penemu pendidikan agama, adalah lebih tepat untuk mengatakan bahwa gereja adalah hasil pendidikan itu. Pendidikan khususnya sejak awal sama dengan pikiran dan prakteknnya selama masa Abad Pertengahan berakar baik dalam Kebudayaan – Yunani - Romawi maupu Yahudi. Dari yang pertama itu yaitu melalui pendekatan Sokrates, misalnya, para pendidik Kristen belajar bagaimana menjernihkan pemikiran melalui seri pertanyaan yang semakin mendalam. Kemudian, pikiran salah seorang muridnya yang bernama Plato dimanfaatkan para pemimpin Kristen untuk menyoroti intisari pendidikan sebagai proses mengantar orang untuk meninggalkan perasaan aman mereka yang berporos dunia bayang-bayang agar bertindak sesuai dengan dunia nyata. Jadi sebagian pendidikan berarti memeriksa kembali pandangan yang lazimnya ditolaknya kalau memang data baru itu menuntut berbuat demikian. Murid Plato paling termasyur yang b

SOAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SD YPK ELIDA MEDAN

KELAS : I Pilihan Ganda! 1. Manusia adalah ciptaan ... a. Presiden b. Tuhan c. Hewan 2. Untuk menerangi bumi, Tuhan menciptakan … a. Matahari b. Bola lampu c. Lilin 3. Pada mulanya, Allah menciptakan … a. Bulan b. Langit dan Bumi c. Matahari 4. Menyayangi tanaman dan hewan adalah ucapan syukur kita terhadap ciptaan … a. Manusia b. Hewan c. Tuhan 5. Manusia pertama yang diciptakan Tuhan adalah … a. Kain b. Adam c. Habel Isian! 1. Allah menciptakan langit dan bumi dan segala … 2. Allah menciptakan dari yang tidak ada menjadi … 3. Ikan adalah ciptaan Tuhan yang hidup di … 1. Manusia Tidak Dapat Hidup Sendiri, Tetapi Membutuhkan … a. Orang Lain b. Senjata c. Mesin 2. Di Sekolah Kita Harus Mempunyai Banyak … a. Teman b. Musuh c. Adik 3. Setiap Orang Yang Menderita Harus … a. Ditolong b. Dibiarkan c. Dimusuhi 4. Dalam Alkitab Daud Bersahabat Adalah Dengan … a. Samuel b. Yonatan c. Natanael 5. Ayah Yonatan A