BAHASA INDONESIA
Sakramen Perjamuan Kudus
Apakah Perjamuan Kudus itu?
Perjamuan
Kudus adalah daging dan darah yang sebenarnya dari Tuhan kita Yesus Kristus
melalui roti dan anggur yang diberikan bagi orang Kristen, sesuai dengan
penetapan Yesus Kristus sendiri.
Di manakah tertulis pesan yang demikian?
Para
Pekabar Injil Matius, Markus, Lukas dan Paulus menuliskan: “Pada malam Tuhan
Yesus Kristus dihianati, diambilNya roti dan setelah Ia mengucapkan syukur lalu
dipecah-pecahkanNya roti itu serta memberikan kepada murid-muridNya dan
berkata: ‘Terimalah, makanlah, inilah tubuhKu yang diserahkan karena engkau;
perbuatlah demikian untuk mengingat Aku’. Sesudah makan, diangkatNya piala
minuman dan setelah Ia mengucapkan syukur, lalu diberikanNya kepada mereka
sambil berkata: ‘Minumlah kamu sekalian dari piala ini, karena inilah darahKu,
yaitu darah Perjanjian baru yang ditumpahkan karena engkau, untuk keampunan
dosa. Perbuatlah demikian, setiap engkau meminumnya untuk mengingat Aku”.
Apakah keuntungan memakan dan meminum
itu?
Keuntungannya
telah jelas dinyatakan dalam Firman ini: “Yang diserahkan dan ditumpahkan
karena engkau untuk keampunan dosa”. Disebut bahwa di dalam sakramen itu
keampunan dosa, kehidupan dan keselamatan diberikan kepada kita melalui
FirmanNya. Karena di mana ada pengampunan dosa, di situ ada kehidupan dan
keselamatan.
Bagaimanakah mungkin hanya dengan
memakan daging dan meminum darah memberi keuntungan yang begitu besar?
Sesungguhnya
bukan karena memakan dan meminum itu memberikan kemungkinan, tetapi Firman itu
yang mengatakan demikian: “Yang diserahkan dan ditumpahkan karena engkau untuk
keampunan dosa”. Firman inilah yang terutama dalam sakramen tersebut, di
samping memakan roti dan meminum anggur. Dan barangsiapa yang mempercayai
Firman tersebut memperoleh apa yang dinyatakan Firman itu, yaitu keampunan
dosa.
Siapakah yang layak menerima
Perjamuan Kudus itu?
Sesungguhnya
berpuasa dan melatih diri adalah suatu kebiasaan yang baik. Tetapi yang
sebenarnya layak dan dengan persiapan yang baik, adalah orang yang mempercayai
Firman ini: “Yang diserahkan dan ditumpahkan KARENA ENGKAU untuk keampunan
dosa”. Tetapi barangsiapa yang tidak percaya atau bimbang akan Firman itu,
dialah yang tidak bersedia dan layak. Sebab Firman itu berkata: “Karena
engkau”, membutuhkan kepercayaan yang sebulat-bulatnya.
BAHASA BATAK TOBA
Marulaon Na Badia
Dia do lapatan ni na marulaon na
badia?
Mangan
sagusagu parhitean ni daging ni Tuhanta Jesus Kristus dohot minum anggur
parhitean ni mudar ni Tuhanta Jesus Kristus songon na tinonahonNa i tu halak
Kristen.
Di dia do tarsurat na songon i?
Songon
on do pandok ni si Mateus, si Markus, si Lukas dohot si Paulus, angka na
mamaritahon Barita na Uli: “Dibuat Tuhan Jesus Kristus ma sagusagu borngin i
uju tarjehe Ibana, didok mauliate, dung i diponggoli ma i, diparlehon ma i tu
angka siseanNa huhut ma didok: ‘Jalo hamu ma, pangan ma, daginghu do i na nilehon
humophop hamu. Bahen hamu ma songon i bahen parningotan di Ahu. Asa dung sun
nasida mangan, dibuat ma panginuman i, didok mauliate, dung i ninna ma mandok
nasida: ‘Jalo hamu ma, sude hamu manginum sian i. Ia panginuman on padan na
imbaru ma on, hinorhon ni mudar na niusehon humophop hamu bahen hasesaan ni
dosa. Molo hamu manginum songon i, bahen ma i parningotanmu di Ahu’.
Aha do laba ni na mangan dohot minum
sisongon i?
Dipaboa
Hata i do labana ai ninna do: “Na nilehon humophop hamu bahen hasesaan ni dosa,
hangoluan dohot hasonangan marhitehite panganon na badia i. Ai disi
hasesaan ni dosa, disi do dohot hangoluan dohot hasonangan”.
Hinorhon ni sipanganon dohot siinumon
i do na nidokmi?
Ndang
na hinorhon ni sipanganon dohot siinumon i, na hinorhon ni Hata i do na mandok:
“Na nilehon humophop hamu, dohot na niusehon humophop hamu bahen hasesaan ni
dosa”. Ai angka hata na mandongani sipanganon dohot siinumon i, i do situan ni
sipanganon na badia i, dung i manang ise na porsea di Hata i dapotan hasesaan
ni dosa; ai i do pandok ni Hata i.
Ise do na manjalo panganon na badia i
sian na ture?
Ia
na mangontik sipanganon dohot na mangalinggas daging, ruhut na denggan do i
nian, alai manang ise na porsea di Hata i, na mandok na nilehon humophop hamu
bahen hasesaan ni dosa, i do na manjalo panganon na badia i sian na ture; Alai
manang ise na so porsea, na ganggu roha, i do na so tau dohot majal ai ingkon
porsea situtu do roha di Hata i na mandok: “Humophop hamu!”
Komentar
Posting Komentar